ABSTRAK
Sri Rejeki. UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS
DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT
PERAGA “GARUDA TOT MAN” PADA SISWA KELAS V SDN MANGKUBUMEN LOR
NO.15 SURAKARTA SEMESTER I TAHUN 2015/2016.
Penelitian Tindakan
Kelas.
Surakarta: Dinas Dikpora Kota Surakarta, Maret
2016.
Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di kelas V.3
SDN Mangkubumen Lor No.
15 Surakarta dalam pembelajaran IPA dengan penggunaan alat peraga “ Garuda Tot
Man”.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk
penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak tiga siklus. Prosedur penelitian
ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V.3 SDN Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri
dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi,
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif
meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
IPA dengan penggunaan alat peraga “
Garuda Tot Man” dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar IPA siswa pada materi organ tubuh manusia. Peningkatan
aktivitas belajar IPA siswa dapat dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas
belajar IPA melalui
observasi siswa yaitu:
sebelum tindakan rata-rata aktivitas belajar
IPA siswa adalah 79,56 atau kategori sedang, kemudian pada siklus I
rata-rata aktivitas belajar IPA siswa
menjadi 81,03 atau kategori baik, dan pada siklus
II rata-rata aktivitas belajar IPA siswa meningkat menjadi 83,68 atau kategori baik dan pada
siklus III rata-rata aktivitas
belajar IPA siswa meningkat menjadi 92,21 atau kategori sangat
baik. Selain
itu, nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa pada kondisi awal adalah 75, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa
menjadi 81, dan nilai rata-rata hasil belajar IPA yang
diperoleh siswa pada siklus II meningkat menjadi 85,8 serta rata-rata
hasil belajar IPA yang diperoleh siswa pada siklus III tambah meningkat menjadi 95,2 . Sebelum
dilaksanakan penelitian siswa yang memperoleh nilai KKM > 77 sebanyak 22 siswa (64,70 %), pada siklus I
meningkat menjadi 25 siswa (73,52 %), dan pada
siklus II meningkat menjadi 31 siswa (91,18 %) serta pada siklus II
meningkat menjadi 33 siswa (97,06 %).
Dengan demikian alat peraga “ Garuda Tot Man” dapat digunakan
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V.3
SDN Mangkubumen Lor No.
15 Surakarta pada Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar